Hutan Camara jadi lahan inovasi Desa Wisata

Awalnya lahan ini merupakan petak penelitian oleh fakultas kehutanan UMG yang ditanami sekitar 3339 pohon cemara dilahan seluas 2,12 Ha pada bulan maret tahun 2015 yang terletak di Dusun Kaliceret Desa Mrisi Kecamatan Tanggungharjo Kabupaten Grobogan. Semula lahan tersebut dibiarkan penuh dengan semak belukar tanpa ada yang merawat, bahkan banyak warga sekitar juga ikut menanam tanaman pangan disekitaran lahan tersebut. Tak banyak warga mengetahui keberadaan hutan cemara tersebut, hanya para penggarap lahan disana dan sedikit anak muda yang hanya pergi berburu. Namun akhir-akhir ini banyak pengunjung dari luar desa yang mengetahui keberadaan hutan cemara tersebut dan mengambil foto-foto dilokasi untuk diunggah ke media sosial mereka, dari itu sedikit demi sedikit hutan cemara ini sudah banyak yang mendatangi karena postingan pendatang itu.

Mengetahui hal tersebut pemerintah bersama perwakilan tokoh masyarakat dan karang taruna desa setempat melaksanakan giat membersihkan lahan hutan cemara tersebut dari semak dengan menghadirkan perwakilan dari berbagai pihak terkait antara lain dari pihak kehutanan dan pihak keamanan daerah setempat guna untuk mendampingi dan memberikan wawasan dan pengamanan. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari minggu tanggal 23 Agustus 2020. Dan setelah kegiatan tersebut banyak juga yang melakukan sesi foto disana dan diunggah ke media sosial, dan disitulah banyak orang yang penasaran dan berkunjung ke hutan cemara tersebut.

setelah lahan tersebut dibersihkan tak lama banyak pengunjung yang datang kesana dan lahan hutan cemara tersebut semakin ramai didatangi oleh pengunjung baik dari desa sekitar maupun dari luar desa. Seperti disulap saja lahan yang awalnya semak belukar dan sepi pengunjung, dalam waktu sehari berubah menjadi lahan yang banyak dikunjungi orang yang penasaran dengan hutan cemara yang tumbuh di bukit kapur ini.

Selain bisa untuk berfoto lahan hutan cemara ini juga cocok dijadikan bumi perkemahan dengan suasana alam, dengan suasana dingin jauh dari keramaian. Benar-benar alam hutan dengan pemandangan gunung berundak dan benangan hutan yang sangan luas menjadi sebuah pemandangan yang menyejukkan hati.

Disini kita juga dapat menikmati pemandangan matahari terbit dan tenggelam dengan kabut yang masih menyelimuti hantaran hutan yang sangat luas sehingga mempercantik pemadangan dan suasana di hutan cemara itu sendiri.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *